Restore Hidden File

Akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan virus-virus lokal yang “nyebahi”. Mulai dari virus yang menghilangkan folder option, menggandakan folder, sampai pada menghilangkan folder/file. Mulai dari virus love, brontok, varian brontok, virus yang ngeluarin note puisi, dan lain sebagainya.

Kalo folder option udah hilang solusinya adalah menghilangkan virusnya dulu, terus biar folder option bisa keluar lagi caranya dengan menginstall ulang atau mungkin bisa dicoba dengan memperbaiki registri. Coba saja dengan portable registry wizard 2008 kali aja bisa… mau donlot klik di sini atau di sini.

Hmm… kalo menggandakan folder ya tinggal dihapus aja virus induknya misal pake antivir, avira, pcmav, ansav, dll trus delete semua kroco-kroconya. Kalo folder hilang? lha ini.. kadang kita tidak tahu, pas kompi kita kena suatu virus, folder/file kita diganti virus tersebut. Pas udah didelete tu virus ama anti virus, file/folder kita jadi ikut hilang. Yahh susah deh.. Udah gitu file-file TA baik doc maupun docx yang udah mau diajuin ke dosen juga hilang.. Wah bener-bener nih.. Seluruh binatang yang ada di Gembira Loka terus disebut-sebut deh… Jangan susah-susah dulu… Tenang, rilex, santai… Sebenarnya file/folder kita nggak hilang, cuman ke-hidden aja. Untuk membukan atau melihatnya tinggal kita masuk ke folder option terus masuk ke view, udah gitu cari hide protected operating system file (recommended) dihilangin tuh centang-nya. Trus apply, lalu keluar. Lha semua file yang udah terinfeksi kelihatan semua kan?

Terus bagaimana caranya agar file/folder tersebut kembali muncul? Mm… kalo mau balikin file-file yang ke-hidden caranya begini:

  1. masuk ke dos/comment promt
  2. masuk ke tempat yang akan dicari misal di D:\skripsi\
  3. tulis Attrib [enter]
  4. hmm.. keliatan kan semua file kita yang ke-hidden
  5. tulis Attrib -S -H [enter] –> penulisan harus benar…
  6. udah deh.. selesai, semua file yang ke-hidden di lokasi tersebut udah kembali normal

Kalo folder beserta isinya ke-hidden cara ngembaliinnya begini:

  1. kaya cara diatas, masuk command promt
  2. masuk ke tempat yang akan dicari misal di D:\ yang mau kita cari folder skripsi
  3. tulis Attrib -S -H -R /S /D [enter]
  4. sim sala bim ada kadabra…..
  5. folder skripsi ama file-file gue muncul kembali

Mudah kan?? 8)

Advertisements

One response to “Restore Hidden File

  1. well, ajarin dunk bikin blog.. hahaha g dunk ni.. tapi share ilmunya boleh juga.. seep!!! heheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s