Pengalaman Seorang anak mami…

Sudah hampir 2 bulan lamanya, ku jauh dari rumah. Hehehehe… aq kan anak mami jadinya wuihh, belum pernah hidup berpisah dari ortu gara-gara bekerja. Selama itu pula aq dapet pengalaman yang bener-bener berharga dalam perjalanan hidupku.

Pertama, tahu susahnya hidup dan mencari sesuap nasi. Hehehe… selama hidup ma ortu, pengen sesuatu tinggal minta. Klo hidup sendiri, wah susahhhh… pagi-pagi cari makan sendiri, pulang kerja dirumah kontrakan gak da makan, harus keluar cari. Gak ada yang buatin minum, gak ada yang bersihin kamar, gak ada yang nyuciin… Uang habis, dulu ya tinggal minta… Sekarang waaaaaaaaa….

Saat di pabrik berbincang-bincang dengan operator, aq sering tanyakan kepada setiap operator, ku tanyakan:

Mbak, capek gak kerja gitu2 terus berjam-jam?
Betah gak mbak kerja beginian?

Kebanyakan mereka akan menjawab:

Wah pak… yo kesel tho.. yo nek nang kene ki dibetah-betahke pak… lha golek duit isone nang kene.. nek iso liane yo milih liane pak….

Hmm… kupikir sejenak, ternyata kerja disini bertujuan untuk bertahan hidup saja. Pastinya kalo mereka ada pilihan pekerjaan lain, 100% ku jamin mereka pasti akan pilih kerjaan tersebut. Bagaimana tidak, mereka setiap hari bekerja kebanyakan dibawah tekanan. Setiap tidak target produksi yang selalu menjadi kambing hitam adalah operator. DAmn!! bisa jadi masalah bukan dari operatornya, melainkan dari faktor lainnya, seperti mesin yang sering rusak, keterlambatan loading dari proses sebelumnya, penentuan target yang tidak logis (tidak mempertimbangkan jenis material dan style pekerjaan).

Kadang rasanya di benakku ada perang batin. Satu sisi aq bekerja sebagai pembuat target maka aq bertanggung jawab atas tercapainya target, gak target produksi berarti aq gagal and akhirnya dimarahi ma boss, satu sisi aq gak tega (kasihan) untuk mem-push operator agar lebih cepat menyelesaikan pekerjaan. Padahal mereka bener2 sudah berusaha dengan sekeras tenaga agar cepat. Klo aq mengambil intinya adalah bekerja disitu kalo mo bertahan berarti harus berani “memakan orang”. Kalo kita lemah, nrimo, wuihh.. pasti di injak-injak, bisa oleh atasan maupun bawahan… Tidak ada rasa kebersamaan, yang ada hanyalah elu elu gw gw… Temen staff aq malah pernah bilang kalo ingin bertahan disini ada 2 pilihan pilihan: satu ubah jati dirimu, jadilah orang lain (tipe penjilat, baik2in bos, deketin bos dll.) ato tetep jadi dirimu apa adanya tapi tidak akan ada peningkatan pada statusmu. Hmm… ciri khas pabrik padat karya yang bertipe MTO: time is money, man=machine, strong will survive.

Hal lain yang bener-bener membuat hatiku eeee, what, eee, I cant explain…  adalah di saat aq diajak menjalankan ibadah bersama dengan teman kerjaku. Temenku itu memberi wejangan kepadaku di saat perjalanan ke mushola:

Seberat apapun, sesibuk apapun pekerjaan yang sedang dihadapi, jangan sekali-kali meninggalkan sholat!

Aq awal2 kerja disono, diajakin meeting wuihh… mulai meeting dari jam 2 ampe jam 5.. hmm.. berarti gak sholat ashar, trus dari jam 5 itu, aq langsung disuruh mengikuti brainstorming dari jam 5 sampe jam 8. Damn.. berarti gak sholat maghrib…. Hmm… Ciri khas lainnya dari pabrik padat karya MTO: NO time for praying.

Memang hidup ini sangat komplek. So complicated…. Setiap orang punya karakteristik ataupun kepribadian masing-masing, setiap perusahaan punya budaya masing-masing, setiap lingkungan punya adat masing-masing. So Im here, to learn about live, life, and survive…

Advertisements

2 responses to “Pengalaman Seorang anak mami…

  1. nice…

  2. huahahahaha….
    emank gitu bro…
    gw jg garmener bro… bajugur tenanan kie…
    setab alas nek kerjo nang garment kui…
    shit!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s