Category Archives: Teknik Industri

Industri Garment

Seminggu sudah gw “kerja” di perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan pakaian (garment). Kerja disini maksudnya ya cuman kerja kerjaan. Hahahaha…

Lah masih newbie, so kerjaannya ya datang, amati, tanya, dan ngalamun…

Eitt, satu hal yang ingin gw omongin adalah ilmu yang kita dapatkan di kuliah (teknik industri) pasti kepake dahh… Ya iyalah secara gw kerjanya di departemen Industrial Engineering. Hehehehe. Di departemen2 lain kita juga pasti dah ngerti basic-nya kok. Begini, proses umum (disederhanakan) yang terjadi disono mulai dari store –> cutting –> sewing –> finishing. lanjutt…

Advertisements

Sopwer POM

Untuk memudahkan TI-ers menganalisa suatu permasalahan digunakanlah suatu sopwer. Ee.. gak perlu basa basi, nihh sopwer production operation management yang ok punya… lanjutt…

Islam dan Teknik Industri

Judul di atas merupakan judul makalah yang ditulis oleh Reza Nasrullah dosen TI di Unisba . Saya dapatkan makalah tersebut dari teman SMA saya (Wardi, kerja di dept PU –> nggak nanya!!) yang memberikan link di sini (g tau masih ada ato nggak, kalo gak sedot aja ini). Langsung aja dehh gw sedot!!

Hmm… keliatannya menarik cuz belum pernah denger atau mendapatin tuh judul kayak gitu. Dari pertama kuliah ampe ni mau lulus, belum pernah ilmu-ilmu TI dibandingin ato maksutnya dilihat dari sudut pandang Islam.

Ya iyalahh… secarrrra gitu loohhh… kan lu kuliah di swasta nasional?? bukannya di swasta agamis..

Continue reading

Total Productive Maintenance

Total Productive Maintenance

by
Jack Roberts, Ph.D.
Department of Industrial and Engineering Technology
Texas A&M University-Commerce

Abstract:

Total Productive Maintenance (TPM) is a maintenance program which involves a newly defined concept for maintaining plants and equipment. The goal of the TPM program is to markedly increase production while, at the same time, increasing employee morale and job satisfaction. The TPM program closely resembles the popular Total Quality Management (TQM) program. Many of the same tools such as employee empowerment, benchmarking, documentation, etc. are used to implement and optimize TPM. This paper will define TPM in some detail, evaluate its strengths and weaknesses as a maintenance philosophy, and discuss implementation procedures. Examples of successfully implemented programs will be presented. Continue reading

Milis Teknik Industri

Setelah sekian lama mencari milis-milis yang dapat meningkatkan pengetahuan akan keteknik industrian. Saya dapatkan banyak sekali milis yang berhubungan dengan ke-TI-an tapi sayang banyak pula yang tidak aktif. Di bawah ini adalah milis-milis yang saya ikuti (milis aktif) dan menurut saya sangat bermanfaat. Bagi temen-temen yang belum ikutan buruan ikutan, nggak rugi kok.. Continue reading