Searching di Om Google

Ini dia si pencari no 1 di dunia, Om Google… Lha setiap kali cari sesuatu, tanyanya ama tu Om. Disini saya akan menjelaskan dasar-dasar pencarian yang mungkin bermanfaat bagi yang masih awam tentang si Om. Sebenarnya saya juga masih awam 😛

Daripada berjam-jam cari artikel atau apalah tapi dapatnya nggak karuan, udah gitu waktu terbuang sia-sia, tambah lagi rogoh kocek yang nggak sedikit, bikin stress, and so on. Kalo ada cara yang efektif dan efisien ngapain nggak dicoba? Kayak jargonnya teknik industri: mencari cara yang efektif dan efisien… Tambahan pula bahwa yang saya tulis ini bukan metode yang terbaik, hanya metode yang lebih baik… (ini juga jargo teknik industri lho 😛 )

“Emang dibandingin ma metode mana?”

Dibandingin ama metode yang sering dilakukan oleh teman-teman saya saat ngenet bareng… he he he, sori ya guys…. Bukannya ngeledek atau ngejek tapi ya gitu lah… Udah ku ajarin kan tiap ngenet bareng?

Apabila kita ingin mencari sesuatu misal berhubungan dengan Teknik Industri. Terus kita cuma nulis dengan mentah-mentah di kolom search teknik(spasi)industri. Hasilnya akan sangat luas, bisa jadi temuan kita dari blog seseorang yang sedang kuliah di Teknik Industri atau bisa jadi ketemu hasil yang tidak karuan misal berita tentang pengelasan teknik di industri baja atau malah ketemu cuma ada kata teknik saja atau industri saja. Penulisan hanya dengan spasi berarti di Google akan mencari artikel ataupun site yang terhubung di internet yang memuat kata teknik saja atau industri saja atau teknik dan industri baik terpisah maupun tergabung. Penulisan yang asal –> hasil asal.

Cara yang lebih baik dengan penambahan tanda + lalu diikuti kata yang kita maksud. Misal kita ketik di search +teknik +industri. Hasil tersebut juga masih luas. Untuk kata yang ingin kita gabung/frasa bisa menggunakan tanda “…”. Misal kita ingin search hal-hal yang berhubungan dengan Teknik Industri kita ketik “Teknik Industri”. Pencarian yang lebih mendetail bisa dilakukan dengan penambahan kata, misal kita ingin mencari artikel yang berhubungan dengan kurikulum teknik industri di universitas, kita bisa mengetik di search +”teknik industri” +Kurikulum +universitas. Dengan menggunakan tanda + dan “..” akan memberikan hasil yang terfokus (langsung menampilkan hal yang diinginkan). Tinggal pinter2 kita gimana cari keyword-nya. Tanda + juga bisa diganti dengan penulisan and. Contoh Teknik and industri. Tanda + ama “..” tidak dibatesin berapa jumlahnya. Kalau kebanyakan nulis keyword-nya bisa jadi malah nggak ada yang match.

Apabila kita ingin mencari artikel yang berformat pdf. Kita bisa ketik di search +”Supply Chain Management” +”Bullwhip effect” filetype:pdf. Hasil yang didapat berupa artikel-artikel yang berhubungan dengan SCM, bullwhip effect dan berformat pdf. Untuk format lain juga bisa, seperti jpg, gif, ppt, xls, dll.

Kalau kita ingin mencari/mendownload lagu (biasanya diupload di multiply.com) kita bisa ketik +yui +life +music +download site:multiply.com. Hasil yang didapat adalah alamat-alamat yang ada di multiply.com yang berisi tentang penyanyi YUI dengan lagu LIFE dan mungkin bisa didownload…. he he 😀

Masih bingung? Ya udah, solusinya masuk aja di google dengan advance search / pencarian khusus. Tinggal tulis aja yang mau dicari, mudah kan? Sebenarnya masih banyak lagi cara-cara searching di Om Google. Tapi sayangnya, waktu kita sampai disini dulu 😀 . Kapan-kapan kita lanjut….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s